Contact : +6285782329000 integra.jakarta@itialus.com

pembayaran, gajian

Payroll adalah suatu sistem administrasi penggajian perusahaan yang mempunyai pegawai atau pegawai, sehingga sistem penggajian ini bisa dikatakan sebuah aplikasi yang memudahkan pekerjaan rutin pegawai HRD setiap bulannya. Dalam hal menghitung gaji yang harus, dan berdasarkan gaji pokok, tunjangan transportasi, tunjangan makan dan upah lembur.

Proses penggajian yang dilakukan setiap bulan harus dilakukan secara rutin dan akurat tanpa ada kesalahan. Untuk itu, perkembangan penggunaan penggajian menjadi sesuatu yang tidak bisa dikatakan disepelekan, apalagi jika sudah memiliki perusahaan berskala besar.

Manfaat Menggunakan Software Penggajian

Salah satu manfaat utama menggunakan penggajian adalah dapat menghemat tenaga kerja, mengurangi pengeluaran perusahaan untuk biaya gaji karyawan dan juga dapat menghilangkan kesalahan. Proses penghitungan dan pengiriman gaji pegawai dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat, memungkinkan divisi keuangan dan HRD untuk melakukan tugas-tugas lain secara produktif.

Selain itu, memiliki software yang mampu menangani penggajian sendiri tanpa harus menyewa atau menggunakan layanan dari pihak ketiga akan lebih menguntungkan bagi perusahaan. Selain menghemat lebih banyak uang, memiliki software itu sendiri juga dapat menghilangkan potensi miss komunikasi terkait gaji dan meminimalkan jumlah pihak yang harus berinteraksi.

Manfaat Menggunakan Penggajian

Keuntungan menggunakan penggajian adalah perusahaan tidak perlu lagi khawatir tentang kesalahan perhitungan dan transfer gaji. Karena dengan menggunakan penggajian ini bisa diselesaikan langsung oleh sistem. Berikut penjelasan kemampuan yang diberikan oleh penggajian:

1. Menghitung Pemotongan dan Total Gaji

Kemampuan pertama penggajian adalah menghitung gaji karyawan. Setelah besaran gaji kotor ditentukan, sistem secara otomatis menghitung pemotongan seperti pajak, asuransi dan BPJS Kesehatan / Ketenagakerjaan. Semua pemotongan kemudian akan ditambahkan langsung ke jumlah gaji kotor sebelum secara otomatis dikirim ke rekening karyawan.

Bahkan, sistem penggajian tertentu bisa saja termasuk penggantian biaya pegawai, perlakuan yang tidak menggunakan layanan BPJS dan biaya pegawai lainnya secara otomatis.

2. Buat Formulir Pajak

Sistem penggajian mampu membuat formulir pajak yang dibutuhkan oleh perusahaan dan karyawan. Formulir pajak tersebut kemudian dapat dicetak atau dikirim ke pihak yang bersangkutan. Sebelumnya, proses ini bisa jadi mahal dan memakan banyak waktu.

Oleh karena itu, saat perusahaan menggunakan sistem pembayaran dengan cara penggajian. Biaya yang dikeluarkan menjadi lebih ekonomis dan efisien. Divisi SDM juga bisa fokus melakukan tugas lain yaitu meningkatkan aset sumber daya manusia.

3. Menyimpan Data Secara Otomatis Dan Aman

Menyimpan data secara manual memakan waktu, sulit dilakukan dan membutuhkan banyak kertas dan ruang penyimpanan. Mengingat penggajian merupakan software yang dijalankan dengan menggunakan sistem, perusahaan tidak perlu lagi repot menyiapkan beberapa hal tersebut.

Data lama juga dapat dihapus dengan mudah jika tidak diperlukan lagi. Maka apapun tantangan yang dihadapi perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dalam hal kompensasi karyawan, dapat dengan mudah diselesaikan dengan sistem penggajian ini.

4. Bisa Di Sesuaikan Dengan Kebutuhan Perusahaan

Tidak semua perusahaan memiliki kebutuhan yang sama dan perusahaan dapat menyesuaikannya dengan sistem penggajian yang mereka pilih. Perusahaan dapat menyampaikan kebutuhannya kepada vendornya masing-masing. Misalnya, perusahaan kecil hanya membutuhkan fitur yang lebih sedikit daripada perusahaan besar mengingat jumlah karyawan dan kebutuhan yang tidak terlalu besar.

Atau di sisi lain, perusahaan besar ingin berinvestasi dalam sistem penggajian yang mampu berintegrasi dengan aspek perencanaan dan manajemen sumber daya lainnya, seperti manajemen kehadiran, penjadwalan, perizinan, dan fungsi lainnya.

5. Self-Service

Penggunaan penggajian memungkinkan karyawan untuk langsung mengakses data informasi mengenai besaran gaji, potongan, jam kerja, bonus dan lain-lain. Fitur ini juga memungkinkan karyawan yang ingin mengajukan sesuatu secara otomatis tanpa harus membuat surat lamaran ke HRD terlebih dahulu.

Saat ini hampir semua penggajian berbasis cloud sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun mereka inginkan dengan menggunakan perangkat yang terkoneksi dengan internet. Sistem berbasis ini juga akan terupdate secara otomatis ketika ada perubahan kebijakan perpajakan. Sehingga gaji pegawai akan selalu disesuaikan dengan peraturan pemerintah.

6. Membuat Laporan Sesuai Kebutuhan

Tingginya frekuensi transaksi terkait penggajian tentunya membutuhkan laporan yang mudah dibaca untuk proses analisisnya. Bersama dengan bagian Accounting, perusahaan dapat membuat laporan transaksi penggajian secara detail sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Akhirnya jika perusahaan masih bingung bagaimana cara menghitung gaji karyawan.

Open chat