KARAKTERISTIK LAPORAN KEUANGAN YANG BAIK, APAKAH PERUSAHAAN ANDA SUDAH MEMENUHINYA?

Istilah laporan keuangan mungkin tidak asing lagi bagi kita semua khususnya para akuntan, terlebih lagi saat ini tren investasi saham. Tentunya, investor harus mengetahui dan mampu membaca laporan keuangan. Tidak hanya investor, perusahaan juga harus mampu untuk membuat dan membaca laporan keuangan. Tapi sebelumnya, kalian tau ga sih apa itu Laporan Keuangan ?

Dilansir dari accurate.id, laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi pembelian maupun transaksi penjualan dan transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter.

Sedangkan, laporan keuangan menurut para ahli yaitu :

“Laporan keuangan adalah informasi yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan, mulai dari investor atau calon investor sampai dengan manajemen perusahaan itu sendiri. Laporan ini akan memberikan informasi mengenai profitabilitas, risiko, timing aliran kas, yang semuanya akan mempengaruhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan.” (Hanafi, 2003)

Laporan keuangan umumnya dibuat oleh perusahaan pada periode-periode tertentu seperti perbulan, tiga bulan, enam bulan, atau setiap tahun tergantung perusahaan dan kepentingan perusahaannya. 

Kemudian, ada beberapa karakteristik laporan keuangan yang dapat dikatakan baik :

  1. Laporan Harus Relevan 

Laporan keuangan dapat dikatakan relevan dan sesuai saat laporan keuangan tersebut disajikan, apabila laporan tersebut memuat informasi yang mampu untuk mempengaruhi keputusan para pengguna laporan keuangan dan mampu untuk membantu mengevaluasi kejadian/peristiwa di masa lalu atau masa kini dan memprediksi masa depan, hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan dan menentukan kebijakan baru yang nantinya akan berguna bagi meningkatkan pendapatan dan memperbaiki aspek lainnya.

  1. Isi laporan harus handal 

Laporan keuangan yang handal dengan artian menyajikan informasi yang tidak menyesatkan dan tidak adanya kesalahan material. Laporan keuangan yang handal dan tepat sasaran apabila memiliki 3 kriteria yaitu jujur, dapat diverifikasi dan netral atau laporan keuangan tersebut tidak berpihak pada kepentingan manapun.

  1. Laporan Keuangan Mudah Dimengerti 

Sebuah laporan keuangan dapat dikatakan baik apabila mudah dimengerti, maksudnya adalah laporan keuangan tersebut disusun dengan baik sehingga segala bentuk transaksi yang tercatat didalamnya bisa lebih dimengerti oleh setiap lapisan divisi di perusahaan. Ketika laporan dapat terbaca dengan jelas, strategi perusahaan untuk perencanaan penjualan ke depan juga akan makin jelas. 

  1. Dapat diperbandingkan

Karakteristik laporan keuangan yang terakhir yaitu dapat diperbandingkan. Informasi yang terdapat di laporan keuangan akan lebih berguna apabila dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan pada periode-periode sebelumnya. Karakteristik ini bertujuan untuk membandingkan laporan keuangan antar periode, dapat mengidentifikasi posisi dan kinerja keuangan perusahaan, dan perubahan posisi keuangan secara relatif. 

Perhitungan dalam penyusunan laporan keuangan memang tidak boleh sembarangan, karena laporan keuangan menjadi sumber informasi untuk berbagai kepentingan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan dapat dianalogikan sebagai rapot untuk perusahaan, karena menyajikan keseluruhan kesehatan bisnis perusahaan. 

Namun saat ini, perusahaan tidak perlu kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan agar dapat memenuhi karakteristik laporan keuangan yang baik. Karena terdapat jasa konsultan untuk membantu dalam pembuatan laporan keuangan. Jasa akuntansi dari Integra Consulting membantu semua urusan laporan keuangan perusahaan anda agar menjadi rapi dan akuntabel serta didukung oleh tim yang handal di bidangnya.