Contact : +6285782329000 integra.jakarta@itialus.com

accounting, akuntansi, kieso

Apa Itu Akuntansi?

Akuntansi terdiri dari tiga aktivitas dasar – mengidentifikasi, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi organisasi kepada pengguna yang tertarik.

  • Mengidentifikasi. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi yang relevan dengan bisnisnya.
  • Mencatat. Pencatatan terdiri dari membuat catatan harian peristiwa yang sistematis dan kronologis, yang diukur dalam unit moneter
  • Berkomunikasi. Informasi yang dikumpulkan untuk pengguna yang tertarik melalui laporan akuntansi. Laporan yang paling umum disebut laporan keuangan. Elemen penting dalam mengkomunikasikan peristiwa ekonomi adalah kemampuan akuntan untuk menganalisis dan menafsirkan informasi yang dilaporkan. Analisis ini melibatkan penggunaan rasio, persentase, grafik, dan bagan untuk menyoroti tren dan hubungan keuangan yang signifikan. Interpretasi melibatkan penjelasan penggunaan, arti dan batasan data yang dilaporkan.

Siapa yang Menggunakan Data Akuntansi?

Informasi keuangan spesifik yang dibutuhkan pengguna bergantung pada jenis keputusan yang dibuat pengguna. Ada dua kelompok dewan pengguna informasi keuangan: pengguna internal dan pengguna eksternal.

  • Pengguna internal informasi akuntansi adalah manajer yang merencanakan, mengatur dan menjalankan bisnis. Ini termasuk manajer pemasaran, produksi, supervisor, direktur keuangan dan pejabat perusahaan. Akuntansi manajerial menyediakan laporan internal untuk membantu pengguna membuat keputusan tentang perusahaan mereka.
  • Pengguna eksternal adalah individu dan organisasi di luar perusahaan yang menginginkan informasi keuangan tentang perusahaan. Dua jenis pengguna eksternal yang paling umum adalah investor dan kreditor.
    • Investor (pemilik) menggunakan informasi akuntansi untuk membuat keputusan untuk membeli, menahan atau menjual saham kepemilikan perusahaan.
    • Kreditor (seperti pemasok dan bankir) menggunakan informasi akuntansi untuk mengevaluasi risiko pemberian kredit atau peminjaman uang.

Txt ENPicsArt 01 19 05.32.18

Open chat